10 PELATIH TERBOROS SELAMA SATU DEKADE TERAKHIR

Posted on 2016-02-25 By

Memilih sosok pelatih terbaik tentu dinilai berdasarkan kemampuan mereka untuk memenangkan gelar terhadap suatu klub, terutama di tingkat permainan sepakbola. Tentu tidak hanya gelar semata, mereka juga dinilai berdasarkan tujuan mereka, akurasi, dan persentase kepelatihan.

Didalam dunia sepakbola modern, uang merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kinerja seorang pelatih. Beberapa pelatih tentu ada yang sibuk membangun produk asli mereka melalui akademi, namun ada juga yang langsung mengejar para bintang-bintang yang siap pakai dalam rangka untuk mengamankan gelar atau tujuan.

Tentu saja, beberapa klub memiliki dana keuangan yang besar sehingga mereka dapat memberikan jumlah dana yang telah disebutkan pelatih. Satu dekade telah berlalu dan klub-klub seperti Real Madrid, Chelsea, PSG, Manchester City serta Manchester United adalah klub yang paling terboros di dunia sepakbola.

Berikut dibawah ini adalah 10 pelatih yang kerap melakukan pengeluaran tertinggi pada bursa transfer mulai dari musim 2005/06 hingga 2015/16, diantaranya adalah :

1. Jose Mourinho – € 891.080.000

Kesuksesan pelatih asal Portugal ini tidak lepas dari semua uang yang telah digelontorkan klub yang selama ini dilatihnya. Selama 1 dekade terakhir melatih di beberapa klub, Mou telah menggelontorkan uang sebesar € 891.080.000.

Beberapa nama pesepakbola termahal yang pernah didatangkannya adalah Andriy Shevchenko dan Diego Costa di Chelsea, Diego Milito dan Samuel Eto’o di Inter Milan, dan Angel Di Maria dan Luka Modric di Real Madrid. Mou telah mengembangkan ideologi yang berbeda kala dirinya memerlukan pemain tertentu, ia berani mematok harga yang mahal untuk mendapatkan jasa mereka dan berharap uang yang dibayar tersebut sesuai dengan kemampuan mereka.

2. Manuel Pellegrini – € 860.230.000

Saat ia bertugas untuk melatih salah satu klub yang memiliki dana keuangan terkuat di dunia sepakbola, hal tersebut membuat Manuel Pellegrini masuk ke dalam daftar nomor dua. Pelatih asal Chili ini pernah melatih Real Madrid dan membuat rekor dunia dengan mendatangkan Cristiano Ronaldo dari MU senilai € 94 juta pada tahun 2009 dan mendatangkan Kaka dari AC Milan senilai € 65 juta dalam periode yang sama.

Saat musim ketiga bersama The Citizens, ia mendatangkan Kevin De Bruyne dari Wolfburg senilai € 74 juta pada musim panas 2015. Ditambah lagi dengan masuknya Raheem Sterling, Eliaquim Mangala, Nicolas Otamendi dan Fernandinho yang total keseluruhan senilai € 200 juta.

3. Carlo Ancelotti – € 797.050.000

Carlo Ancelotti berada di posisi nomor tiga dalam daftar ini. Pelatih berusia 56 tahun ini membuat rekor dunia dengan mendatangkan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur senilai € 81 juta dan James Rodriguez ke Real Madrid. Ancelotti juga pernah membawa Fernando Torres dari Liverpool ke Chelsea senilai € 58,5 juta dan menghabiskan € 80 juta saat melatih di PSG dengan mendatangkan Thiago Silva dan Lucas Moura.

4. Roberto Mancini – € 583.590.000

Roberto Mancini melatih Manchester City selama 4 musim saat klub tersebut sudah diambilalih oleh grup Abu Dhabi Investment. Pelatih asal Italia ini pernah menggelontorkan uang yang cukup besar kala mendatangkan pemain seperti Zlatan Ibrahimovic dan Walter Samuel di sepanjang karirnya, namun sebagian besar pengeluaran besarnya terjadi saat ia melatih The Citizens.

Selama berada di Etihad Stadium, ia mendatangkan Sergio Aguero, Edin Dzeko, Yaya Toure, David Silva dan Mario Ballotelli dengan total senilai € 170 juta. Sekarang ia sudah bertugas di Inter Milan dan pembelian terbesarnya disini adalah mendatangkan Geoffrey Kondogbia senilai € 31 juta dan Ivan Perisic senilai € 16 juta.

5. Pep Guardiola – € 542.100.000

Pep Guardiola tentu tahu jelas apa yang diperlukan tim untuk memenangkan suatu gelar dan pihak klub selalu menawarkan Pep dukungan yang lengkap agar ia dapat mengolah peforma klub tersebut. Pep pernah menghabiskan biaya senilai € 69,5 juta pada tahun 2009 dengan mendatangkan Zlatan Ibrahimovic yang merupakan pemain termahal Barca, diikuti oleh David Vila senilai € 40 juta, Daniel Alves senilai € 35,5 juta dan Cesc Fabregas senilai € 34 juta. Saat melatih Bayern Munchen, ia pun mendatangkan Mario Gotze dan Arturo Vidal dengan biaya masing-masing senilai € 37 juta.

6. Rafael Benitez – € 526.640.000

Rafa Benitez pernah melatih 5 klub yang terkaya selama satu dekade terakhir seperti Liverpool, Inter Milan, Chelsea, Napoli dan Real Madrid. Saat ia melatih kelima klub kaya tersebut, pasti dirinya ditekan habis-habisan oleh pihak klub untuk mengubah pola permainan agar terlihat baik kedepannya maka tak heran jikalau Benitez pernah menggelontorkan dana yang sangat besar selama satu dekade terakhir.

Fernando Torres adalah penandatangan termahalnya, ia membayar € 38 juta untuk mendaratkannya ke Liverpool dari Atletico Madrid pada tahun 2007. Ia pun membayar € 37 juta untuk Gonzalo Higuan agar segera merapat ke Napoli dan sekarang di Real Madrid, ia membeli Danilo senilai € 31,5 juta.

7. Arsene Wenger – € 472.070.000

Sudah sekian lama Arsene Wenger dikritik oleh fans Arsenal yang berasal dari seluruh penjuru dunia karena aksinya yang begitu konservatif di pasar transfer. Tetapi dibalik itu, Wenger pernah menghabiskan uang senilai lebih dari € 19 juta untuk mendatangkan Santi Cazorla dari Malaga pada tahun 2012 silam. Pelatih asal Prancis ini telah diberi kebebasan lebih di pasar transfer akhir-akhir ini, ia pun segera mendaratkan Mesut Ozil dari Real Madrid senilai € 50 juta pada tahun 2013 dan Alexis Sanchez dari Barcelona senilai € 42,5 juta pada tahun 2014.

8. Brendan Rodgers – € 411.580.000

Selama 3 ½ tahun melatih The Reds Liverpool, Brendan Rogers belum memberikan gelar bagi klub kesayangannya. Guna memuaskan ambisinya, ia pun mendatangkan sejumlah pemain berbakat ke Anfield seperti Daniel Sturridge, Adam Lallana dan Mario Balotelli dengan biaya lebih dari € 65 juta. Namun tak lama berselang, didatangkan dua pemain lagi guna menambah amunisi skuad Liverpool yaitu Roberto Firmino senilai € 41 juta dan striker, Christian Benteke senilai € 46,5 juta.

9. Mark Hughes – € 408.280.000

Mark Hughes melatih Manchester City sejak tahun 2005 dan ketika kelompok Abu Dhabi United mengambil alih saham The Citizens pada tahun 2008, mereka melakukan pembenahan klub secara besar-besaran. Saat pembenahan itu terjadi, sisa masa jabatan Mark Hughes tinggal 1 musim dan ia pun segera menggunakan kesempatan besar tersebut untuk mendatangkan beberapa pemain terkenal seperti Robinho senilai € 43 juta, Emmanuel Adebayor dan Carlos Tevez masing-masing senilai € 29 juta dan Joleon Lescott senilai € 27,5 juta.

10. Louis Van Gaal – € 403.220.000

Untuk membangun kembali kekuatan skuad, pastinya dibutuhkan sejumlah biaya yang cukup besar untuk mewujudkannya dan caranya adalah membeli beberapa pemain terbaik dunia. Louis Van Gaal tentu tidak menyia-nyiakan waktu tersebut. Ia segera mendaratkan beberapa pemain muda terbaik dunia seperti Anthony Martial senilai € 50 juta, Morgan Schneiderlin senilai € 35 juta dan Memphis Depay senilai € 27,5 juta.

Pelatih asal Belanda ini juga membuat rekor transfer terbesar di Liga Premier dengan mendatangkan Angel Di Maria dari Real Madrid senilai € 70 juta. Sayangnya, Di Maria hanya tampil selama satu musim bersama Setan Merah dan kemudian hijrah ke Paris Saint Germain.

Coach-Wasteful


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *